Kader Pembangunan Manusia Dan Kaur Pemerintahan Nagori Kecamatan Panombean Pane Ikuti Pelatihan Pengembangan SDM

SIMALUNGUN ( sumut24.net ) – Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Panombean Pane Kabupaten Simalungun menyelenggarakan pelatihan inovasi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) pada hari Senin 28 Oktober 2019 sebagai tindak lanjut kegiatan Program Inovasi Desa 2019 di Nagori Bosar.
Dalam laporannya Ketua TPID Panombean Pane, Abdi Sugiarto menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan PSDM untuk meningkatkan kapasitas Kader Pembangunan Manusia (KPM). “Peserta pelatihan sebanyak 22 orang, yang berasal dari 11 nagori se Kecamatan Panombean Pane” 
Kegiatan pelatihan dibuka oleh Sekretaris Camat Panombean Pane didampigi Kasi PMN, turut hadir para Pendamping Profesional (PDP, PDTI, dan PLD). Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan yang disampaikan oleh Narasumber.
Fasilitasi konvergensi dimaksud berupa pendampingan kepada Pemerintahan Desa dan masyarakat Desa untuk mengarahkan pilihan penggunaan Dana Desa kepada kegiatan-kegiatan pembangunan Desa yang berdampak langsung pada percepatan pencegahan stunting yang dikelola secara terpadu dengan sumber-sumber pembiayaan pembangunan lainnya.
“Pendampingan dalam pencegahan stunting di Desa dilakukan oleh tenaga pendamping masyarakat Desa dan Kader Pembangunan Manusia (KPM). Namun demikian kegiatan pendampingan dimaksud juga dimungkinkan dilakukan oleh berbagai pegiat pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa”.  Untuk itu pada hari ini Bapak/Ibu Kaur Pemerintahan Nagori dan Kader Pembangunan Manusia dilatih, Sekcam Panombean Pane menambahkan.  
Jansarman Saragih, SE, narasumber dari Dinas PMPN Kabupaten Simalungun menyampikan materi “Perencanaan Kegiatan Konvergensi Stunting di desa” dan materi “Pengorganisasian Pelaku Konvergensi Pencegahan Stunting di desa”.
Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Simalungun, Arjuna juga turut menyampaikan materi, yaitu “Stunting , Dampak dan Pencegahanya” serta materi “Pengenalan Tikar Pertumbuhan & Pemantauan Layanan Konvergensi Stanting di Desa”. 
Diakhir kegiatan peserta dipandu pemateri menyusun RKTL Kegiatan Konvergensi Penanganan Stuntig, pada penutupan pelatihan, Pangulu Nagori Bosar Bapak Sofian sebagai tuan rumah meyampikan sambutan. (arjuna)
Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

 

Terima kasih telah mengunjungi website kami. Saran selalu di pertimbangkan. Dilarang keras Copas Kecuali lampirkan sumber. " Informasi Akurat Dan Terpercaya " . Terimakasih

This module can not work without the AcyMailing Component

Iklan