Items filtered by date: January 2020

Medan ( sumut24.net ) - Pelantikan Pejabat Birokrasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Dilaksanakan 20-January-2020 berlangsung sejuk dan membahagiakan. Sebab, Dr. Erond Litno Damanik, M.Si terpilih Menjadi Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan juga menjadi perwakilan dari Prodi Antropologi Unimed Mengisi Tempat Sebagai salah satu pimpinan Fakultas.

Berbagai ucapan selamat kepada Erond setelah terpilih Menjadi salah satu Pimpinan Fakultas. Satu di antaranya adalah Andre Agasi yang juga Demisioner Senat Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Unimed Periode 2017-2018.

" Semoga dengan terpilihnya Erond Litno Damanik sebagai Wakil Dekan III FIS Unimed yang baru ini, dapat mengemban amanahnya dan semakin mantap untuk karir beliau di birokrasi kampus Unimed", Tutur Andre Agasi Selaku Mahasiswa Unimed.

Lanjutnya, Besar harapan saya Bapak Erond Litno Damanik selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan ini mampu menjadi contoh buat seluruh mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan membentuk mahasiswa-mahasiswi Profesional, sukses dan mengharumkan nama Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan " tutupnya.(red)

Published in Sumut
Dumai ( sumut24.net ) – Dengan peristiwa ini, bahwha Kapal pompong yang mengangkut diduga 18 orang TKI Ilegal beserta 2 ABK tenggelam di perairan Pasir Putih, Desa Putri Sembilan, Kecamatan Rupat Utara Pasir Putih Kabupaten Bengkalis - Riau.
 
Peristiwa tersebut diketahui pada, Rabu (22/1/2019) sekitar pukul 16.00 WIB. Seorang nelayan bernama Sabarius yang tengah menjaring ikan, melihat ada sosok yang menggunakan pelampung terkatung-terkatung di tengah laut.
 
Setelah itu,dilihat dengan dekat ternyata ada manusia yang mengapung dalam kondisi pingsan dan selanjutnya ia memberikan pertolongan kepada korban. Saat melakukan pertolongan Sabarius sempat menanyakan kepada korban, ada berapa orang korban bersama nya, dan korban menjawab sekitar 20 orang.
 
Kemudian nelayan tersebut ,dibantu oleh nelayan lainnya yang melakukan pencarian dan ditemukan 10 orang korban diantaranya 7 orang laki-laki dan 3 orang perempuan yang sedang mengapung di laut dengan menggunakan pelampung. Selanjutnya seluruh korban dibawa ke darat, untuk kemudian dibawa ke Polsek Rupat Utara.
 
Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari korban Doni (25) warga asal Sumatera Utara, sebelum berangkat ke Malaysia mereka sempat menginap di rumah seseorang yang berada di Sungai Pakalan Buah, Kecamatan Rupat Utara.
 
Informasi yang berhasil di himpun sumut24.net , kapal pengangkut diduga TKI Ilegal berangkat pada Selasa (21/1/2019) sekira pukul 19.30 WIB, kapal tersebut berangkat dari sungai Pakalan Buah, Kecamatan Rupat Utara Kabupaten Bengkalis tujuan Malaysia , namun na'as di tengah perjalanan menuju malaysia kondisi cuaca memburuk serta ombak menjadi begitu kuatnya , sehingga speedboat oleng lalu tenggelam dan seluruh penumpang serta abk terjatuh kelaut sekira pukul 21:30Wib.
 
Diketahui beberapa nama korban yang selamat yakni Een Saputra (30) warga asal Aceh, Mariska (30) warga Jawa Tengah, Abdullah Faiz (25) warga Medan, Doni Siregar (25) warga Medan, Rudiansah (25) warga Rantau Prapat, Sumon (32) WNA Bangladesh, Uli Handayani (39), Fitria (40) warga Sumatera Utara, Herman (29) warga Sumatera dan Abib (28) warga Jambi.
 
Kapten Kapal Negara (KN) RB 218 Basarnas Pekanbaru Leni Tadika membenarkan adanya informasi kecelakaan laut tersebut. “Korban selamat saat ini berada di Polsek Rupat Utara Kabupaten Bengkalis ,” ujarnya.
 
Lanjut nya"  katanya saat ini timnya sedang melakukan pencarian korban-korban lainnya. “Tim gabungan sedang mencari keberadaan korban dan kapal yang tenggelam,” tutupnya".(Laporan/ria)
Published in Riau
Rohul ( sumut24.net ) - Kapolsek Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu Riau ,  AKP .Nurman , SH .MH dan jajaran beserta tokoh masyarakat desa Mahato Togu Lumban Gaol ,  mengadakan kegiatan Penanaman pohon dalam rangka Polri peduli  penghijauan .
Kegiatan tersebut diadakan pada hari , jumat tanggal 24 januari 2020 pukul 09.30 wib , bertempat di desa Persiapan Mahato kanan  , depan SMPN  15 Tambusai Utara Rokan hulu Riau  , yaitu melaksanakan kegiatan  penanaman pohon ,  dalam rangka penghijauan , di Bakal kantor Bhabinkamtibmas desa persiapan  mahato kanan kec.tambusai utara.
Adapun yang hadir dalam acara penanaman pohon tersebut yaitu :
1. KApolsek tambusai utara AKP NURMAN SH.MH.
2. Kanit Binmas Polsek tambusai utara Aiptu Yahya srg
3. Kanit Shabara polsek tambusai utara Bripka S.Sihotang
4. Bhabinkamtibmas Mahato kanan Bripka Ibra Deflindo
5. Bhabinkamtibmas mahato induk Bripka Marwanto
6. Tokoh masyarakat desa mahato , Togu Lumban Gaol
7.Rt sp Kud Suprayetno
8.masyarakat simpang kud barno
Adapun penanaman pohon tersebut,  di laksanakan dalam rangka penghijauan di wilayah hukum polsek tambusai utara khususnya , di bakal Rukan Bhabinkamtibmas mahato kanan.
Adapun pohon yang di tanam berjumlah 20 pohon tersiri dari sbb:
1. 15 (lima belas )batang pohon palm hias
2. 5 ( lima ) batangpl pohon ketapang
Alat yang di gunakan 
1. Cangkul
2. Parang
3. Alat penyiram tanaman bh
4. Pupuk kandang.
Acara selesai pukul 11.l2. Wib , kegiatan berjalan lancar dan sukses sampai akhir .( EYT  / AJO )

 

 
 
 
Published in Riau
Labura ( sumut24.net ) - Banjir Bandang yang terjadi pada tanggal 28 Desember 2019 mengakibatkan 122 Rumah Rusak dan 5 warga hilang (diduga meningggal), Pada Tanggal 1 Desember 2019 3 (tiga) orang telah ditemukan meninggal, dan 2 (dua) lagi belum ditemukan. 3 Orang korban meninggal dunia (Cahaya Nasution, Reni Cahaya Sipahutar 7-Tahun, dan Amirullah 5 tahun.
 
Saat ini hutan Hatapang sudah rusak parah, hampir 50 titik dari pantauan awak media telah longsor di lokasi izin PT. LBI ( Labuhanbatu Indah) didesa Hatapang, dan puluhan titik longsor di desa Pematang. Apabila kegiatan penebangan kayu terus berlanjut, tidak menutup kemungkinan, akan terjadi banjir bandang yang lebih besar.
 
Fungsi hutan pada dasarnya berfungsi sebagai Hidrologis yaitu menyimpan cadangan air, dan fungsi orologis yaitu sebagai penahan longsor dan menekan laju air yang turun.
 
Saat ini hutan di desa Hatapang maupun didesa Pematang Kabupaten Labuhanbatu Utara sudah rusak, sehingga fungsi Hidrologos dan Orologis tidak bekerja maksimal, sehingga apabila terjadi curah hujan yang tinggi, maka dipastikan akan terjadi banjir, bahkan banjir bandang.
 
Saat dikonfirmasi awak media, Aliansi Masyarakat Peduli Hutan Hatapang (AMPHT) saudara Nasir Wadiansan harahap,SH mengatakan "lebih penting nyawa manusia dari pada izin PT. LBI yang dikeluarkan pemkab, dan didalam hutan tersebut masih banyak hewan endemik sumatera yang dilindungi, sudah 5 orang yang meninggal, negara ini harus aktif melindungi segenap warganya".( liputan:Gofu)
Published in Labuhanbatu Utara
Dumai ( sumut24.net ) - Dalam  rangka  memperingati Hari ulang tahun  Satpam pada Hari Rabu Tgl 22 Januari 2020 sekira pukul 07.30 WIB, bertempat di Halaman Polres Dumai Jl. Jenderal Sudirman Kel. Buluh Kasap Kec. Dumai Timur , mengangkat Tema "Satuan Pengamanan Berbasis Kompetensi Mewujudkan SDM Unggul untuk Terciptanya Situasi Kamtibmas yang Kondusif dan Terjaminnya Keamanan Di Lingkungan Kerja untuk Indonesia Maju,
 
Selanjutnya"  Acara Peringatan hari ulang tahun Satpam Ke - 39 tahun di Polres Dumai  dan acara tersebut diikuti oleh:
 
1.Kapolres Dumai  yang Diwakili Oleh KOMPOL ALEX SANDY SIREGAR, S.I.K., M.H
 
2. Dandim 0320/Dumai LETKOL INF IRDHAN, S.E., M.M
 
3. Dan Sat Radar 232/Dumai MAYOR LEK IDA BAGUS
 
4.Dan Lanal Dumai yang Diwakili Oleh Palaksa Lanal LETKOL LAUT (P) KAISAR FARHAN
 
5. Kasat Pol PP Kota Dumai BAMBANG WARDOYO 
 
6. Kadishub Kota Dumai H. ASNAN
 
7. Kepala Security Pertamina RU-II LETKOL INF (PURN) AJAD WAHYU TRIONO
 
8. Undangan Forkopimda, dan Seluruh BUJP Sekota Dumai lainnya -/+ 60 Orang
 
Rangkaian kegiatan dalam acara Peringatan Hari Ulang Tahun Satpam Ke - 39 ini Di Polres Dumai terdiri upacara dipimpin oleh Kapolres Dumai diwakili oleh Wakapolres Dumai Kompol Alek Sandy Siregar .
 
Dalam acara Hari ulang tahun Satpam yang ke -39 tahun yang 15  orang Satpam mendapat pemberian rewedr ,khususnya  Satpam RSUD Dumai dan berbeda kata gori prestasi nya beda yang telah diberikan oleh drg, Righonaldi salah satu nyawVerri dalam  kata gori nya tepat respon cepat tanggap cepat dan didikasi reditas dalam  bekerja.
 
Lanjutan nya, Peringatan Hari Ulang Tahun Satpam Ke - 39 Di Polres Dumai sebagai berikut,peserta A. Senantiasa Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa sebagai landasan moril dalam mengemban amanah profesi yang luhur dan tugas yang mulia
 
B. Koordinasi secara intensif dengan petugas Kepolisian (Bhabinkamtibmas) dan Babinsa di wilayah saudara untuk mengantisipasi berkembangnya situasi kamtibmas
 
c.Jadikan Momentum ini sebagai pedoman untuk upaya perbaikan dan penyempurnaan dalam rangka mengoptimalkan peran satpam sebagai mitra atau perpanjangan tangan Polri
 
Tingkatkan Pelatihan Anggota Satpam demi totalitas dalam menjaga asset negara, Untuk Indonesia Maju.
 
Selanjutnya :
 
A. Acara Penyerahan Pemberian Penghargaan kepada Perusahaan dan BUJP atas partisipasi dan kerjasamanya selama kegiatan HUT SATPAM Ke - 39 yaitu sebagai berikut :
 
- PT. PERTAMINA RU - II DUMAI
 
- kkoooo9PT. PELINDO DUMAI
 
- BUJP PT. BANURA
 
- RSUD KOTA DUMAI
 
B.Penyerahan Tropi Piagam Kepada Pemenang Lomba PBB, Dril Borgol dan Tongkat Polri.
 
Adapun Pemenang nya adalah :
 
- Pemenang Lomba PBB
 
• Juara I : PT. PERTAMINA RU - II
 
• Juara II : PT. PELINDO
 
• Juara III : RSUD KOTA DUMAI
 
-Pemenang Lomba Drill Tongkat Polri :
 
• Juara I : PT. BANURA
 
• Juara II : PT. PERTAMINA RU - II
 
• Juara III : PT. PELINDO
 
- Pemenang Lomba Drill Borgol : 
 
• Juara I : PT. PERTAMINA RU - II
 
• Juara II : PT. PELINDO
 
• Juara III : PT. BANURA
 
- Juara Umum di raih oleh Security PT. PERTAMINA RU - II
 
C. Peragaan PBB, Drill Tongkat Polri, dan Drill Tongkat Borgol
 
D. Penutup
 
Sementara di acara, Peringatan Hari Ulang Tahun Satpam Ke - 39 Di Polres Dumai berakhir sekira Pukul 10.00 WIB dengan Situasi Aman dan Kondusif. (Laporan/ria)
Published in Riau
Dumai ( sumut24.net ) – Sebanyak 210 anak-anak dari Taman Kanak-kanak Santo Tarcisius Jalan Pangeran Diponegoro Kelurahan Bukit Datuk Kecamatan Dumai Selatan mengikuti kegiatan Polisi Sahabat Anak (Polsanak) bersama Satuan Lalu Lintas Polres Dumai di Halaman Mapolres Dumai, Kamis (23/01/2020) pagi.
 
Melalui Polsanak ini, anak-anak dikenalkan dengan tugas-tugas Polisi Lalu Lintas serta pengenalan rambu-rambu lalu lintas beserta artinya. Selain itu juga diberikan pengenalan tata cara penggunaan helm SNI yang baik dan benar, tata cara aman ke sekolah dan cara menyeberang di Zebra Cross, pengenalan ruangan kerja Polres Dumai, serta pengenalan tata cara dan mekanisme pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) kepada para guru dan anak-anak Taman Kanak-kanak Santo Tarcisius.
 
Hadir pada kesempatan tersebut Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudhistira. S.I.K, M.H dan Kasat Lantas Polres Dumai AKP Agustinus Chandra Pietama. S.H, S.I.K yang diwakili oleh Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Dumai AIPTU Nasti dan Kepala Sekolah TK Santo Tarcisius Florentina Suharsi. S.Pd, SD.
Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudhistira, S.I.K, M.H menyatakan bahwa giat Polsanak ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan seputar Lalu Lintas kepada anak usia dini serta mendekatkan Polisi Lalu Lintas dihati anak-anak Taman Kanak-kanak.
 
Kapolres menyampaikan “Tujuannya untuk membentuk karakter anak usia dini yang disiplin, mandiri, memiliki etika dan budaya tertib berlalu lintas yang baik sehingga tercipta kamseltibcarlantas dan mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas yang dapat menimpa anak usia dini,” kata AKBP Andri Ananta Yudhistira S.I.K, M.H.
 
Disamping itu Kapolres Dumai juga mengatakan dengan bermain dan belajar bersama anggota Satlantas Polres Dumai, anak-anak lebih dekat dan bersahabat dengan anggota Polri serta mencintai Profesi Kepolisian.
 
“Sehingga anak-anak dan guru pembimbing lebih mengenal dan memahami rambu-rambu lalu lintas dan mengerti apa arti dan maksud kegunaan rambu-rambu tersebut, sehingga tercipta kesadaran hukum dalam berlalulintas dan pentingnya keselamatan dalam berkendara untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas,” tutup Kapolres Dumai.(Laporan /ria)
Published in Riau
Rohul ( sumut24.net ) - Rencana Pembangunan Pabrik Minyak Kelapa Sawit ( PMKS  ) oleh PT . KAS  , di desa Mahato Bandar Selamat KM 25 Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau .             
Proses pembangunan Pabrik Minyak Kelapa Sawit ( PMKS ) oleh PT . KAS  telah di cek atau di  survey   di lapangan , untuk layak uji nya perusahaan tersebut yaitu pada hari  Kamis , 23 , Januari , 2020 , jam 15 10 wib ,tepat nya  di lokasi lahan PMKS  PT. KAS  di  km 25 Mahato  desa  bandar selamat tambut Rohul , yang di hadiri oleh para dinas kab- Rohul  , antara lain , Kadis Perindag , Dinas Perhubungan , maupun Dinas BLH , di dampingi oleh camat tambusai utara H. Mastur S sos msi , Danramil 0313 /TBS / KPR   Kapten Inf  M. Fadhil , Kapolsek Tambusai utara AKP Nurman SH MH , yang di wakili oleh Bripka  Jupri Lumban Gaol, kades Mahato Firiadi , Humas PT . KAS , Dari tokoh Masyarakat Desa Bandar Selamat H.Tugino dan Hasan basri Hutabarat ,   K T U  Benny Hutasoit . dari dinas Bappeda kabupaten Rokan hulu .                       
Hasil survey lapangan yang   di ketahui bahwa sanya  , pembangunan ini harus buat surat izin perhubungan ,  sesuai dengan program tahun 2005. Ucap dinas perhubungan Edi saputra ST,   hasil yg telah di  ketahui sesuai dengan  pendapat dinas perindag maupun dinas Bappeda kabupaten Rokan hulu dan BLH kabupaten Rokan hulu . Dalam keterangan yang di sampaikan oleh dinas BLH ,  beliau mengatakan bahwa  sesuai yang telah terlaksana berjalannya PMKS dengan tidak mengganggu gema suara mesin , maupun limbah , asap ,  semua telah di persiapkan , dan behitu pula dalam  pengelolaan , perusahaan juga telah memikirkan sistem cara pembangunan waduk , dan juga AMDAL akan di persiapkan seluruh nya , ucapnya , sedangkan dari pesantren modern Raudhatusalam gambangan desa persiapan mahato cindur jaya , yang di sampaikan oleh , Pimpinan Pondok Ustadz  H.Indriawan Fahlimi Skp  , S.Pd. l yang disaksikan oleh Ketua Yayasan Ponpes H.Fajar NST  beliau mengatakan , apa bila pembangunan PMKS tetap di laksanakan , hanya berjarak 330 meter dari Lahan Pabrik yang akan di bangun dengan lahan Pondok Pesantren , padahal dengan jarak tersebut kami akan terganggu sekali , dan kami akan  membangun Asrama buat Santri , tentu akan sangat terganggu di segi kenyamanan santri ,  terutama pada bidang  pendidikan  santri kami , juga   polusi udara dan limbah PMKS yang  akan membuat wabah penyakit dari imbasnya kuman , bakteri , kotoran sawit ( saulit ) maka kami merasa kurang tepat pada tempatnya untuk  ,  pembangunan PMKS oleh PT .KAS  ( kencana agro sejahtera ) , kita sebagai pimpinan bermohon agar Pembangunan nya di alih kan ketempat yang lain , ucap  Pimpinan Pondok - Ustadz  H . Indrawan  Fahlimi ,  sedangkan dari tokoh masyarakat  Tugino telah menyampaikan aspirasi para warga masyarakat supaya PT. KAS ( kencana agro sejahtera ) menyiapkan lahan penyemprotan sampah  limbah rumah tangga , dan juga  Rencana pembangunan masjid Nurul iman bandar selamat Mahato km 24  dengan anggaran 5  s/ d  6 milyar .agar kiranya dari PT .KAS ,  agar kiranya bersedia memberikan sedikit banyaknya bantuan buat ruang ibadah yang mulai di laksanakan sesuai kesepakatan para kepengurusan masjid Nurul iman serta para tokoh ulama dan pemuka masyarakat  , ajuan pembangunan  masjid Nurul iman telah di sampaikan kepada perusaahan  agar dapat di tanggapi dengan berbentuk pe er atau dikomposasikan secara periodik dalam memberikan sumbangsih  pembangunan masjid kota lintas Mahato bandar selamat km 24  Nurul Iman secepatnya berjalan dengan lancar .  
 Sesuai dengan roda pembangunan desa yg akan tumbuh perkembangan prekonomian dan juga menuntaskan pengangguran pada ke majuan zaman saat sekarang ini , udah pantas layaknya di dirikan sebuah perusaahan , supaya timbul pula dengan danator dari perusaahan lainnya , demi untuk  meningkat roda pembangunan di wilayah Mahato khususnya pada umumnya daerah kecamatan tambusai Utara kabupaten Rokan hulu . Agar maju desa Mahato kedepan nya .
( EYT / AJO )

 

 
 
 
Published in Riau
Rohul ( sumut24.net ) - Musyawarah Rencana  Pembangunan ( MUSRENBANG ) Tingkat Kecamatan Tambusai Utara Tahun Anggaran 2021 ,dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 23 Januari 2020 sekira pukul 09.43  Wib , bertempat di Aula Kantor Camat Tambusai Utara , telah dilaksanakan Giat Musyawarah Rencana Pembangunan ( MUSRENBANG ) Tingkat Kecamatan Tambusai Utara Tahun Anggaran 2021
Adapun Yang Hadir Pada Saat Musrembang Tingkat Kecamatan Tambusai Utara  antara lain :
- Anggota DPRD Kabupaten Rokan Hulu MUHLIZAR
- Anggota DPRD Kabupaten Rokan Hulu RUDIANTO SINAGA
- Kabid BAPPEDA Rokan Hulu MAWARDI AZHAR
- Kabid METROLOGI DISPERINDAG Rokan Hulu Ir. ERBINA BANGUN
- Dinas DPMPD Rokan Hulu MHD PAHRIZAL
- Dinas SOSIAL Rokan Hulu APRIL LIYADI
- Dinas TPH Rokan Hulu HENDRA GUNAWAN
- Dinas DISDIKPORA Rokan Hulu DESI MARISA ,S.Pdi.M.Si
- Dinas DKPP Rokan Hulu MARGANTI,Hse
- Kabid Dinas Perhubungan Rokan Hulu SUPRAPNO
- Dinas DPKP Rokan Hulu ALIRMAN 
- KTU Dinas Perikanan Dan Perternakan Rokan Hulu PENDI SIMAMORA, S.Sos
- Camat Tambusai Utara H. MASTUR, S.Sos.M.Si
- Kapolsek Tambusai Utara AKP NURMAN,SH.MH
- Danramil 11 Tambusai KAPTEN Inf M. PADHIL
- KUA Tambusai Utara TAMRIN PULUNGAN,M.Sy
- Kepala Puskesmas Unit 1 Tambusai Utara SOBRAN,S.Km.M.Km
- Kepala Puskesmas Unit 2 Tambusai Utara YUSRIZAL
- Kades Se - Kecamatan Tambusai Utara
- Ketua BPD Se - Kecamatan Tambusai Utara
- Ketua LPM Se - Kecamatan Tambusai Utara
- Menejer PKS Dan Perusahaan Yang Berada di Kecamatan Tambusai Utara
- Tokoh Masyarakat
- Banit Ik Polsek Tambusai Utara BRIPKA RISWANDI .
Adapun Susunan Acara Musrembang Tingkat Kecamatan Tambusai Utara :
- Pembukaan oleh protokol
- Pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an oleh Dian Fitriani , siswi yapim kls Xl , 
- Do'a oleh Kepala KUA Tambut  Thamrin  P . M. Sy .
- Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
- Kata Sambutan dari Camat Tambusai Utara , Rasa terima kasih kepada seluruh tamu undangan , dan hadir nya wakil Rakyat  ,  anggota DPRD kab Rohul . Agar Musrenbang  berjalan lancar sampai akhir , camat H .Mastur , S.Sos .M.Si  sekaligus memmbuka Musrembang Tingkat Kecamatan Tambusai Utara tepat pukul 10.00 wib ,resmi di mulai musrenbang tingkat kec Tambut  tahun 2020, tahun  anggaran  2021 .
- Kata Sambutan dari Anggota DPRD Kabupaten Rokan Hulu RUDIANTO SINAGA
- Kata Sambutan dari Anggota DPRD dapil ll Kabupaten Rokan , Terima kasih atas undangan ini , agar kedepan nya dengan musrembang desa , dapat hasil nya dirasakan oleh masyarakat , betul - betul di terap kan hendak nya pembangunan tersebut . MUHLIZAR , anggota DPRD kab Rohul dapil ll , rasa terima kasih atas undangan nya , agar dalam pembangunan desa kita selalu bersatu dan kompak selalu untuk lebih maju kedepan nya ,  mudah- mudahan hasil musrembang ini ,setelah terealisasi dapat di rasakan oleh masyarakat hasil   pembangunan di tiap desa masing-masing .
- Kata Sambutan dari Kabid BAPPEDA serta memberikan paparan , mudah - mudahan semua hasil musrembang tiap desa se  Tambusai Utara pada saat ini , terealisasi hasil musrembang ini  hendak nya dan  betul-betul di terapkan nanti  , untuk pembangunan desa masing-masing , tutur beliau .
- Pemaparan Usulan Masing-masing Desa .
Giat Musrembang Tingkat Kecamatan Tambusai Utara , laporan usulan  hasil  musrembang Desa , yaitu  masing-masing desa se  Tambusai Utara  ,  berjalan lancar dan sukses sampai akhir acara .( EYT /AJO )
Published in Riau

Sergai (sumut24.net) - Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Ir H Soekirman dan Wakil Bupati H Darma Wijaya menghadiri sosialisasi Program Penghapusan Sanksi Administrasi PBB-P2 Tahun 2020 bertempat Balai Karyawan Desa Sei Bamban Estate Kecamatan Sei Bamban, Kamis (23/1) siang.

Turut hadir juga Kadis Kominfo Drs. H. Akmal, AP, M.Si, Camat Sei Bamban Juniar Gultom S.H, Muspika Kecamatan Sei Bamban, Kades se- Sei Bamban, tokoh agama dan masyarakat.

Bupati Sergai Ir H Soekirman didampingi Wabup H Darma Wijaya dalam sambutannya mengatakan sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Sergai yang telah dicanangkan dan dituangkan dalam 21 Peraihan yang harus dicapai, Pemkab Sergai berkomitmen untuk meningkatkan rasio Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap pendapatan daerah secara keseluruhan dengan persentase di atas 10% pada tahun 2021.
Tahun 2019 Pemkab Sergai memperoleh PAD sebesar Rp 143.372.987.171 atau sebesar 106,79%, hal ini tentu telah melampaui target rasio yang ditetapkan dalam RPJMD sebesar 8,8%. Salah satu sumber PAD terbesar berasal dari Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2), bilangnya.

Lebih lanjut dikatakan Bupati, Pendapatan ini tentu menjadi tulang punggung dalam rangka menunjang penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan,” kata Bupati Ir H Soekirman yang didampingi Wabup H Darma Wijaya dalam sambutannya saat membuka Sosialisasi Program Penghapusan Sanksi Administratif PBB-P2 tahun 2020.
 
Program penghapusan sanksi administratif ini dilakukan dalam rangka meningkatkan serapan dari para wajib pajak. Program ini memberikan kesempatan kepada wajib pajak yang masih memiliki tunggakan PBB-P2 tahun 2019 dan tahun-tahun sebelumnya, untuk dapat melunasi kewajibannya tanpa dikenakan sanksi bunga atas keterlambatan pembayaran, dengan kata lain wajib pajak cukup melunasi pokok ketetapan pajak yang terutang saja, ujarnya.
 
Bupati menambahkan, selain berfungsi untuk mencapai target PBB-P2 tahun 2020 sebesar 20 miliar rupiah, program ini juga akan sangat berguna untuk meminimalisir dan mengurangi beban piutang PBB-P2. Perlu diketahui bahwa pada saat pendaerahan PBB-P2 pada tahun 2013, Pemkab Sergai turut diberikan beban piutang PBB-P2 “warisan” dari KPP-Pratama. Piutang ini, lanjut Bupati, terus bertambah seiring waktu imbas dari masih adanya Wajib Pajak yang setiap tahunnya tidak melunasi kewajiban.

Pemkab Sergai melalui Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) terus berusaha meminimalisir dan mengurangi beban piutang PBB-P2 antara lain dengan melakukan verifikasi ulang terhadap objek pajak yang ada di wilayah Kabupaten Sergai, serta dengan memberikan kemudahan wajib pajak agar mau melunasi kewajibannya. Antara lain melalui program penghapusan sanksi administratif sebagaimana yang saat ini tengah kita laksanakan.

Maka dari itu diharapkan kepada wajib pajak untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya karena program penghapusan sanksi administrasi ini diselenggarakan dalam waktu yang terbatas, pungkas Soekirman.(ari)

Published in Serdang Bedagai

Sergai (sumut24.net) - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menggelar Seminar dan Workshop Gizi Buruk dan Stunting pada Balita di Kabupaten Sergai, Kamis (23/1) bertempat Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah.
 
Turut hadir Bupati Sergai Ir H Soekirman, Wabup H Darma Wijaya, Sekdakab H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP, Kepala OPD, Camat, Kepala Puskesmas se-Sergai, narasumber DR, dr, Tubagus Rachmat Sentika, SpA, MARS, dr Ali Haidir, SpA, mewakili PT Danone serta undangan lainnya.

Bupati Sergai Ir H Soekirman dalam sambutannya menyampaikan kesehatan merupakan sebuah kebutuhan yang sangat mendasar bagi setiap orang, namun kesehatan seringkali menjadi dampak dari berbagai permasalahan yang dialami individu dan lingkungan sekitarnya. Padahal kesehatan merupakan modal awal bagi perkembangan potensi individu dalam hidup
Berdasarkan hasil riset kesehatan dasar (Riskesdas) Tahun 2018 prevalensi stunting di Indonesia berada di angka 30,8%. Angka ini menurun dari 37,2% pada Riskesdas tahun 2013. “ Menurut Riskesdas tahun 2018 di Sumut ditemukan 32,4% balita stunting dan untuk Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ditemukan ada 30%,” ujarnya.

Menurut data laporan bulanan gizi, lanjut Bupati, sampai bulan November 2019 dari 20 Puskesmas yang ada di Sergai ditemukan balita dengan kasus 2T sebanyak 349 balita, balita gizi buruk sejumlah 65 balita, gizi kurang 231 balita, stunting 79 balita dan Bawah Garis Merah (BGM) sebanyak 154 balita. Untuk target stunting 2019 Sergai 27,8% sedangkan pencapaian sampai dengan November 2019 adalah 2,02%.
 
Masalah ini menjadi perhatian khusus bagi Presiden Joko Widodo yang diungkapkan pada Rekernas tahun 2017 lalu. Saat itu Presiden Jokowi mengatakan bahwa “ tidak boleh ada lagi gizi buruk dan stunting yang terjadi di Indonesia”. Masalah gizi merupakan hal yang sangat kompleks dan penting untuk segera diatasi. Terutama karena Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai permasalahan gizi paling lengkap, bilangnya lagi.

Ditambahkannya, komitmen pemerintah dalam upaya perbaikan gizi telah dinyatakan melalui Perpres Nomor 42 Tahun 2013 tanggal 23 mei tahun 2013. Sebagai bentuk komitmen yang tinggi di Kabupaten Sergai dalam upaya menzerokan balita gizi buruk dan stunting maka penurunan balita gizi buruk dan stunting ditetapkan sebagai program prioritas daerah yang dimasukan ke dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Masalah balita stunting yang ada di Sergai tidak dapat diselesaikan oleh bidang kesehatan saja, namun memerlukan intervensi yang terpadu mencakup intervensi gizi spesifik dan gizi sensitif, maka perlu adanya dukungan dan kontribusi lintas sektor, profesi dan semua mitra pembangunan yang ada di Sergai, papar Soekirman.

Masih kata Bupati Soekirman, percepatan perbaikan gizi di Sergai merupakan upaya bersama antara pemerintah daerah dan masyarakat melalui penggalangan partisipasi dan kepedulian pemangku kepentingan secara terencana dan terkoordinasi dengan priorotas seribu hari pertama kehidupan (1.000 HPK). Melalui penetapan strategi Simanja (Sistem Informasi Manajemen Noktifikasi Kinerja) bikin gemas (Gerakan Empati Masyarakat Sakit) dengan pendekatan keluarga (PIS-PK) dan sikarbu lihat (Sistem Informasi kartu Ibu Bersalin Sehat).

Kegiatan ini merupakan momentum penting dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bersama mengatasi permasalahan balita gizi buruk dan stunting yang ada di Sergai. Hal ini dapat dilakukan melalui sinkronisasi program dan kegiatan yang ada di tingkat kabupaten, kecamatan, desa dan masyarakat menuju Kabupaten Sergai yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan dalam meningkatkan perbaikan gizi dan derajat kesehatan yang pelaksanaannya bertepatan dengan peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) yang ke 60 Tahun 2020 melalui tema “Gizi Optimal untuk Generasi Milenial,”kata Bupati mengakhiri.
Ketua Panitia kegiatan drg. Tatik Iswandari, M.Kes dalam laporannya mengatakan peserta kegiatan ini berjumlah 165 orang yang berasal dari, Lintas Sektor, Lintas Profesi dan Organisasi Masyarakat. Adapun tujuan diselenggarakan seminar ini adalah mewujudkan cita-cita Kabupaten Sergai untuk mewujudkan zero Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).

Stunting dan gizi buruk di Kabupaten Sergai melalui sinkronisasi program dan kegiatan yang ada di tingkat kabupaten, kecamatan, desa dan masyarakat menuju Sergai yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan, kata drg Tatik.(ari)

 
Published in Serdang Bedagai
Page 1 of 12

 

Terima kasih telah mengunjungi website kami. Saran selalu di pertimbangkan. Dilarang keras Copas Kecuali lampirkan sumber. " Informasi Akurat Dan Terpercaya " . Terimakasih

This module can not work without the AcyMailing Component

Iklan